Redaksi sholawat Jauharotul Kamal yang saya temukan di dalam beberapa kitab yang berbeda, ada sedikit perbedaan-perbedaan lafadz di dalamnya. Hal itu, mungkin disebabkan kondisi rohaniy atau maqom orang yang sedang membacanya berbeda-beda. Sebagian keterangan menyebutkan bahwa ketika hati tiada yang tersisa mengisinya selain "Wahdaniyyatillah", maka yang dibaca (redaksi mana saja) adalah Ismul A'dzom baginya di saat itu juga bukan di lain waktu dan bukan juga untuk orang yang lain.
Menurut al-Faqir, mana yang kita mantapi, bisa kita pilih dan ambil untuk dijadikan wirid yang besar harapan kita mendapat keberkahannya.
Inilah sedikit perbedaan lafadz yang saya temukan, yaitu yang pertama dari kitab Syarkhu Masyahidil Asror h. 51, yang kedua dari kitab talkzishul Ma'arif h. 80, yang ketiga adalah kitab Adullul Kzoirot h. 54 dan yang terahir adalah kitab Sa'adatuddaroin h. 336 sebagai berikut:
Di dalam kitab "Adullul Kzoirot" diawali dengan:
اَللّٰهُمَّ
صَلِّ
tanpa "wa sallim", sedang di dalam tiga kitab yang lain tertulis dengan lafadz "wa sallim" yaitu:
اَللّٰهُمَّ
صَلِّ وَسَلِّمْ
|
|
Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kesejahteraan-Mu kepada Satu sumber rahmat Ilahi yang bersifat ar-Rububiyyah (ke-Tuhan-an), yang juga merupakan mutiara "mutahaqqiqoh" (yang terealisasi jadi nyata) yang mengetahui semua nama-nama (asma) dan sifat-sifat Allah, ia yang menjadi pusat pengetahuan yang mencakup seluruh pengetahuan yang diberikan kepada makhluk.
Di dalam kitab "Adullul Kzoirot" tertulis:
لِلْآدَمِيِّ
Dengan tambahan huruf "Li" di depan lafadz "Aadamiyyi", menjadi "Lil Aadamiyyi". Sedang di dalam tiga kitab yang lain adalah tanpa "Li" yaitu:
الْآدَمِيِّ
|
Ia yang menjadi penerang (cahaya) segala sesuatu yang ada termasuk manusia, ia yang membawa (mempunyai) agama Allah, ia adalah al-Haqiqat al-Muhammadiyyah (Hakikat Muhammad).
|
Di dalam kitab "Syarkhu Masyahidil Asroril Qudsiyyah" dan "Talkzishul Ma'arif" tertulis:
بِمُزُوْنِ اْلأَرْبَاحِ
الْمَالِئَةِ
لِكُلِّ مُتَعَرِّضٍ
Sedang di dalam "Adullul Kzoirot tertulis:
بِمُزْنِ اْلأَرْيَاحِ
الْمَالِئَةِ
كُلَّ عَارِضٍ
Dan di dalam "Sa'adatuddaroin" tertulis:
بِمُزنِ اْلأَرْيَاحِ
الْمَالِئَةِ
لِكُلِّ مُتَعَرِّضٍ
|
Ia bagaikan kilat bahkan lebih dari kilat yang dibuktikan dengan mengalir dan berlimpah rahmat Tuhan kepada setiap orang yang menghadap-Nya. seperti halnya para nabi dan para wali.
|
Di dalam kitab "Syarkhu Masyahidil Asroril Qudsiyyah" tertulis (الحائط) tho' dibaca dengan fat'hah:
الْحَائِطَ
بِأَمْكِنَةِ الْمَكَانِيْ
Sedang di dalam kitab "Talkzishul Ma'arif" dan "Sa'adatuddaroin" tertulis (الْحَائِطِ) tho' dibaca dengan kasroh:
الْحَائِطِ
بِأَمْكِنَةِ الْمَكَانِيْ
Sedang di dalam kitab "Adullul Kzoirot" tertulis (الْحَائِطِ) tho' dibaca dengan kasroh dan di akhirnya tertulis "imkaniy" yaitu:
الْحَائِطِ
بِأَمْكِنَةِ
الْإِمْكَانِيْ
|
Ia yang menjadi cahaya Tuhan yang menerangi seluruh makhluk di setiap tempat.
|
Di dalam kitab "Syarkhu Masyahidil Asroril Qudsiyyah" dan "Talkzishul Ma'arif" tertulis:
عَيْنِ الْمَعَارِفِ
اْلأَقْـوَمِ
صِرَاطِكَ التَّآمِّ
اْلأَسْقَمِ
Sedang di dalam kitab "Adullul Kzoirot" tertulis:
عَيْنِ الْمَعَارِفِ
اْلأَقْـوَمِ
صِرَاطِكَ التَّآمِّ
اْلأَعَمِّ
Sedang di dalam kitab "Sa'adatuddaroin" tertulis:
عَيْنِ الْمَعَارِفِ
اْلأَقْـدَمِ
صِرَاطِكَ التَّآمِّ
اْلأَقْوَمِ
|
قد رايت في منامي ليلة الاحد الرابع عشر من شهر جمادى الأولى سنة ١٣٢٦ كأني اطلعت على شرح لصيغة الصلاة على النبي ﷺ المسماة جوهرة الكمال للمولي الشهير سيدي ابي العباس التجاني الفاسي والشرح المذكور لسيدي شمس الدين الحفني خليفة السيد مصطفى البكري وكذلك التجاني خليفة البكرى ولم ار في هذا الشرح لفظ الاسقم الموجود ... الي آخره ، جواهر البحار ص ١٦٣٥ . اهـ
|
Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan-Mu kepada Nabi Muhammad yang menjadi ‘ain al-Haqq (wujud keadilan, pemilik kebenaran), telah tampak dari padanya seluruh Hakikat keadilan yang seperti ‘arsy sebagi sumber seluruh ilmu, yaitu ilmu Engkau yang terdahulu, jalan Engkau yang sempurna dan lurus.
Di dalam kitab "Adullul Kzoirot" tertulis:
صَلاَةً تُعَرِّفُنَا بِهَا
إِيَّاهُ وَتُرِيْنَا بِهَا وَجْهَهُ الْأَطْيَبَ الْأَعْظَمَ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ
Sedang di dalam tiga kitab lainnya tertulis:
صَلاَةً تُعَرِّفُنَا بِهَا
إِيَّاهُ
| |
Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamtan-Mu kepada Nabi Muhammad yang merupakan mazhar (manifestasi) dan tajalli, ia yang menjadi gudang (tempat penyimpanan) ilmu dan rahmat-Mu Yang Maha Besar, ia tempat datangnya kasih-Mu, ia yang meliputi seluruh cahaya yang tersimpan. Semoga Allah memberikan rahmat kepadanya dan kepada keluarganya, yang dengan sebab rahmat tersebut kami bisa mengetahui haqiqat.
وَفِي شَرْحِ مَشَاهِدِ الْاَسْرَارِ الْقُدْسِيَّةِ وَمَطَالِعِ الْاَنْوَارِ الْاِلٰهِيَّةِ بِتَحْقِيْقِ الشَّيْخِ عَبْدِ الْفَتَّاحِ سَعِيْدٍ ص ٥١ مَا نَصَّهُ
: اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَيْنِ الرَّحْمَةِ الرَّبَّانِيَّةِ وَالْيَاقُوْتَةِ الْمُتَحَقِّقَةِ الْحَائِطَةِ بِمَرْكَزِ الْفُهُوْمِ وَالْمَعَانِيْ ، وَنُوْرِ اْلأَكْوَانِ الْمُتَكَوِّنَةِ اْلأدَمِيِّ صَاحِبِ الْحَقِّ اْلرَّبَّانِيْ ، اَلْبَرْقِ اْلأَسْطَعِ بِمُزُوْنِ اْلأَرْبَاحِ الْمَالِئَةِ لِكُلِّ مُتَعَرِّضٍ مِنَ اْلبُحُوْرِ وَاْلأَوَانِيْ ، وَنُوْرِكَ اللَّامِعِ الَّذِيْ مَلَأْتَ بِهِ كَوْنَكَ الْحَائِطَ بِأَمْكِنَةِ الْمَكَانِيْ ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى عَيْنِ الْحَقِّ الَّتِى تَتَجَلَّى مِنْهَا عُرُوْشُ الْحَقَائِقِ عَيْنِ الْمَعَارِفِ اْلأَقْـوَمِ صِرَاطِكَ التَّآمِّ اْلأَسْقَمِ ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى طَلْعَةِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ اْلكَنْزِ اْلأَعْظَمِ إِفَاضَتِكَ مِنْكَ اِلَيْكَ إِحَاطَةِ النُّوْرِ الْمُطَلْسَمِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ صَلاَةً تُعَرِّفُنَا بِهَا إِيَّاهُ . اهـ
وَفِي تَلْخِيْصِ الْمَعَارِفِ ص ٨٠ مَا نَصَّهُ
: اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَيْنِ الرَّحْمَةِ الرَّبَّانِيَّةِ وَالْيَاقُوْتَةِ الْمُتَحَقِّقَةِ الْحَائِطَةِ بِمَرْكَزِ الْفُهُوْمِ وَالْمَعَانِيْ ، وَنُوْرِ اْلأَكْوَانِ الْمُتَكَوِّنَةِ اْلأدَمِيِّ صَاحِبِ الْحَقِّ اْلرَّبَّانِيْ ، اَلْبَرْقِ اْلأَسْطَعِ بِمُزُوْنِ اْلأَرْيَاحِ الْمَالِئَةِ لِكُلِّ مُتَعَرِّضٍ مِنَ اْلبُحُوْرِ وَاْلأَوَانِيْ ، وَنُوْرِكَ اللَّامِعِ الَّذِيْ مَلَأْتَ بِهِ كَوْنَكَ الْحَائِطِ بِأَمْكِنَةِ الْمَكَانِيْ ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى عَيْنِ الْحَقِّ الَّتِى تَتَجَلَّى مِنْهَا عُرُوْشُ الْحَقَائِقِ عَيْنِ الْمَعَارِفِ اْلأَقْـوَمِ صِرَاطِكَ التَّآمِّ اْلأَسْقَمِ ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى طَلْعَةِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ اْلكَنْزِ اْلأَعْظَمِ إِفَاضَتِكَ مِنْكَ اِلَيْكَ إِحَاطَةِ النُّوْرِ الْمُطَلْسَمِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ صَلاَةً تُعَرِّفُنَا بِهَا إِيَّاهُ . اهـ
وَفِي اَدُلِّ الْخَيْرَاتِ لِلْحَافِظِ الشَّيْخِ اِسْمَاعِيْلَ اَفَنْدِي الْأَيْدِنْجِكْلِيِّ ثُمَّ الْمَدَنِيِّ ص ٥٤ مَا نَصَّهُ
: اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى عَيْنِ الرَّحْمَةِ الرَّبَّانِيَّةِ وَالْيَاقُوْتَةِ الْمُتَحَقِّقَةِ الْحَائِطَةِ بِمَرْكَزِ الْفُهُوْمِ وَالْمَعَانِيْ ، وَنُوْرِ اْلأَكْوَانِ الْمُتَكَوِّنَةِ للآدَمِيِّ صَاحِبِ الْحَقِّ اْلرَّبَّانِيْ ، اَلْبَرْقِ اْلأَسْطَعِ بِمُزْنِ اْلأَرْياحِ الْمَالِئَةِ كُلَّ عَارِضٍ مِنَ اْلبُحُوْرِ وَاْلأَوَانِيْ ، وَنُوْرِكَ اللَّامِعِ الَّذِيْ مَلَأْتَ بِهِ كَوْنَكَ الْحَائِطِ بِأَمْكِنَةِ الْإِمْكَانِي ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى عَيْنِ الْحَقِّ الَّتِى تَتَجَلَّى مِنْهَا عُرُوْشُ الْحَقَائِقِ عَيْنِ الْمَعَارِفِ اْلأَقْـوَمِ صِرَاطِكَ التَّآمِّ اْلأَعَمِّ ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى طَلْعَةِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ اْلكَنْزِ اْلأَعْظَمِ إِفَاضَتِكَ مِنْكَ اِلَيْكَ إِحَاطَةِ النُّوْرِ الْمُطَلْسَمِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ صَلاَةً تُعَرِّفُنَا بِهَا إِيَّاهُ وَتُرِيْنَا بِهَا وَجْهَهُ الْأَطْيَبَ الْأَعْظَمَ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ . اهـ
وَفِي سَعَادَةِ الدَّارَيْنِ لِلشَّيْخِ يُوْسُفَ بْنِ اِسْمَاعِيْلَ النَّبْهَانِيِّ ص ٣٣٦ مَا نَصَّهُ
: اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَيْنِ الرَّحْمَةِ الرَّبَّانِيَّةِ وَالْيَاقُوْتَةِ الْمُتَحَقِّقَةِ الْحَائِطَةِ بِمَرْكَزِ الْفُهُوْمِ وَالْمَعَانِيْ ، وَنُوْرِ اْلأَكْوَانِ الْمُتَكَوِّنَةِ اْلأدَمِيِّ صَاحِبِ الْحَقِّ اْلرَّبَّانِيْ ، اَلْبَرْقِ اْلأَسْطَعِ بِمُزنِ اْلأَرْياحِ الْمَالِئَةِ لِكُلِّ مُتَعَرِّضٍ مِنَ اْلبُحُوْرِ وَاْلأَوَانِيْ ، وَنُوْرِكَ اللَّامِعِ الَّذِيْ مَلَأْتَ بِهِ كَوْنَكَ الْحَائِطِ بِأَمْكِنَةِ الْمَكَانِيْ ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى عَيْنِ الْحَقِّ الَّتِى تَتَجَلَّى مِنْهَا عُرُوْشُ الْحَقَائِقِ عَيْنِ الْمَعَارِفِ اْلأَقْـدَمِ صِرَاطِكَ التَّآمِّ اْلأَقومِ ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى طَلْعَةِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ اْلكَنْزِ اْلأَعْظَمِ إِفَاضَتِكَ مِنْكَ اِلَيْكَ إِحَاطَةِ النُّوْرِ الْمُطَلْسَمِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ صَلاَةً تُعَرِّفُنَا بِهَا إِيَّاهُ . اهـ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ . اهـ