اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً يُــبَارَكُ لِى بِـهَا فِى مَالِى وَيَسْتَقِيْمُ بِـهَا حَالِى وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ في كل لمحة ونفس عدد ما وسعه علم الله
Ya Allah semoga tercurah rahmat Engkau kepada pemimpin kami Sayyidina Muhammad, yang dengan lantaran rahmat tersebut semoga diberkahi "(ْمَال)" hamba-Mu ini, dan semoga "(ْاِسْتِقَامَة)" keadaan hamba-Mu ini, dan semoga rahmat tersebut juga tercurah untuk "(آلِ)" beliau, terutama para sahabat beliau, dan juga semoga kesejahteraan dan keberkahan tercurah untuk beliau semuanya, di setiap kedipan dan di setiap nafas, sebanyak apa yang terliputi oleh ilmu Allah."
Penjelasan isi sholawat:
1. Solawat ini merupakan solawat untuk Kanjeng Nabi Muhammad yang diikuti do'a wasilah mohon diberi "istiqomah" dan keberkahan di dalam "maal".
Surah Fussilat, 30:
إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنتُمْ تُوعَدُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah" kemudian mereka beristiqomah, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: "Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu".
Surah Fussilat, 31:
نَحْنُ أَوْلِيَاؤُكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الْآخِرَةِ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَشْتَهِي أَنفُسُكُمْ وَلَكُمْ فِيهَا مَا تَدَّعُونَ
Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta.
Surah Fussilat, 32:
نُزُلًا مِّنْ غَفُورٍ رَّحِيمٍ
Sebagai hidangan (bagimu) dari Tuhan Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Surah Al-Ahqaf, 13:
إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: "Tuhan kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.
Surah Al-Ahqaf, 14:
أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Mereka itulah penghuni-penghuni surga, mereka kekal di dalamnya; sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.
وحديث : قُل آمنتُ باللهِ ثم استقم
عن أبي عمرٍو - وقيل : أبي عمرة - سفيان بن عبدالله الثقفي رضي الله عنه قال : قلت : يا رسول الله ، قل لي في الإسلام قولًا لا أسأل عنه أحدًا غيرك ، قال : ((قُل : آمنتُ بالله ، ثمَّ استقم)) ؛ رواه مسلم . اهـ
ترجمة الراوي : سفيان بن عبدالله بن أبي ربيعة بن مالك بن حطيط الثقفي الطائفي ، له صحبة ورواية ، وكان عاملًا لعمر بن الخطاب رضي الله عنه على الطائف ، استعمله إذ عزل عثمان بن أبي العاص عنها ، ونقل عثمان إلى البحرين ، روى عنه أبناؤه عاصم وعبدالله وعلقمة وعمرو وأبو الحكم ، وابن ابنه محمد ، ومروياته خمسة أحاديث . الإصابة (٢/ ٥٥ رقم ٣٣١٥) ، أسد الغابة (٢/ ٤٠٥ رقم ٢١١٦) . اهـ
منزلة الحديث : هذا الحديث موقعه عظيم ، وهو من بديع جوامع كلمه صلى الله عليه وسلم؛ فإنه جمع لهذا السائل في هاتين الجملتين جميع معاني الإسلام . الجواهر اللؤلؤية شرح الأربعين النووية (٢٠٦) . قال الأُبِّي رحمه الله : كان من جوامعه؛ لأنه أجمل فيه ما فصله في ثلاث وعشرين سنة . شرح مسلم للأُبِّيِّ (١/ ٢٢٢ ح ٣٨) . قال القاضي عياض رحمه الله : هذا من جوامع كلمه صلى الله عليه وسلم ، وهو مطابق لقوله تعالى : ﴿ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا ﴾ [فصلت : ٣٠] . شرح مسلم للقاضي عياض (١/ ٢٧٥ ح ٣٨) ، شرح مسلم للنووي (٢/ ٩ ح ٣٨) . قال المناوي رحمه الله : وهذا من بدائع جوامع الكلم؛ فقد جمعتا جميع معاني الإيمان والإسلام؛ اعتقادًا ، وقولًا ، وعملًا . فيض القدير (٤/ ٦٨٥ ح ٦١٤٣) . قال ابن دقيق العيد رحمه الله : هذا من جوامع الكلم التي أوتيها النبي صلى الله عليه وسلم؛ فإنه جمع لهذا السائل في هاتين الكلمتين معاني الإسلام والإيمان كلها؛ فإنه أمره أن يجدد إيمانه بلسانه ، متذكرًا بقلبه ، وأمره أن يستقيم على أعمال الطاعات ، والانتهاء عن جميع المخالفات . شرح الأربعين النووية لابن دقيق العيد (٦٣) . اهـ
غريب الحديث : قولًا : جامعًا لمعاني الدِّين . ثم استقم : أي داوِمْ واثبُتْ على عمل الطاعات . اهـ
شرح الحديث : ((قلت : يا رسول الله ، قل لي في الإسلام))؛ أي : في دينه وشريعته . ((قولًا))؛ أي : جامعًا لمعاني الإسلام ، واضحًا في نفسه ، بحيث لا يحتاج إلى تفسير غيرك ، أعمل به ، وأكتفي به ، بحيث ((لا أسأل عنه أحدًا غيرك))؛ أي : كافيًا حتى لا يحتاج بعده إلى غيره . ((قل : آمنت بالله))؛ أي : جدِّد إيمانك بالله؛ ذكرًا بقلبك ، ونطقًا بلسانك ، بأن تستحضر جميع معاني الإيمان الشرعي ، قال النووي رحمه الله : أي كما أمرت ونهيت ، ((ثم استقم))؛ أي : الزَمْ عمل الطاعات ، والانتهاء عن المخالفات ، قال النووي : الاستقامة ملازمة الطريق؛ بفعل الواجبات ، وترك المنهيات؛ قال تعالى : ﴿ فَاسْتَقِمْ كَمَا أُمِرْتَ وَمَنْ تَابَ مَعَكَ﴾ [هود : ١١٢] ، وقال تعالى : ﴿ إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ﴾ [فصلت : ٣٠] . اهـ
قال الشيخ عبد الرحمن السعدي رحمه الله : فهذا الرجل طلب من النبي صلى الله عليه وسلم كلامًا جامعًا للخير ، نافعًا موصلًا صاحبه إلى الفلاح ، فأمره النبي صلى الله عليه وسلم بالإيمان بالله ، الذي يشمل ما يجب اعتقاده من عقائد الإيمان وأصوله ، وما يتبع ذلك من أعمال القلوب ، والانقياد والاستسلام لله باطنًا وظاهرًا ، ثم الدوام على ذلك ، والاستقامة عليه حتى الممات . وقال : وقد دلت نصوص الكتاب والسنة الكثيرة على أن الإيمان يشمل ما في القلوب من العقائد الصحيحة ، وأعمال القلوب؛ من الرغبة في الخير ، والرهبة عن الشر ، وإرادة الخير ، وكراهية الشر ، ومن أعمال الجوارح ، ولا يتم ذلك إلا بالثبات عليه . بهجة قلوب الأبرار (٢١ ، ٢٢) . اهـ
Mohon kepada Allah berupa ke-"istiqomah"-an sangatlah penting. Disebutkan di dalam kitab Sa'adatuddaroin h. 573 Dar Fikr:
فمن اراد نجح مقصده ، فليقدم الشرعيات ، ثم يتبعها بما هو من نوعها
Barang siapa menginginkan keberhasilan pada suatu hal yang diinginkan oleh hatinya, maka dahulukanlah dengan menetapi syari'at-syariat Agama Allah, kemudian ikutilah hal itu dengan yang sunnah / tambahan dari amalan / tindakan / dikr / wirid yang dia inginkan yang tidak melanggar syariat Allah, maka insya Allah diberi keberhasilan.
Menetapi syari'at-syariat / aturan-aturan Agama Allah inilah yang bisa kita sebut "istiqomah" atas syari'at Nabi Muhammad Shollallohu 'alaihi wa Sallam.
Di dalam kitab Jawahirul 'Arifin juz 2 h. 4 disebutkan:
واعلم ان الاستقامة علي الشريعة النبوية اي طريقة النبوية ، هي تقديم الفروض علي السنن ، وتقديم فروض الاعيان علي فروض الكفاية ، وتقديم اجتناب الكبائر علي الصغائر ، وتقديم الحقوق الواجبات علي المندوبات ، وتقديم الاهم فالأهم . اهـ
Dan ketahuilah sesungguhnya "istiqomah" terhadap syariat kenabian atau yang disebut "Thoriqoh Nabawiyah" adalah dengan mendahulukan mengerjakan yang "wajib", baru kemudian menjalankan yang "sunah", mendahulukan mengerjakan yang "fardlu 'ain", baru kemudian menjalankan yang "fardlu kifayah", mendahulukan menjauhi kemaksiatan yang besar, diikuti menjauhi kemaksiatan yang kecil, mendahulukan memenuhi hak-hak yang "wajib", baru kemudian memenuhi hak-hak yang "sunah", mendahulukan yang paling penting dari yang penting.
Karena ada sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari (6502) sebagai berikut sebagian redaksinya:
وَمَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ عَبْدِيْ بِشَيءٍ أَحَبّ إِلَيَّ مِمَّا افْتَرَضْتُهُ عَلَيْه
"Tidaklah seorang hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan sesuatu yang lebih Aku cintai dari pada hal-hal yang telah Aku wajibkan baginya".
Disebutkan juga di dalam kitab Bidayatul Hidayah:
القِسْمُ اْلأَوَّلُ : فِي الطَّاعَاتِ ، اِعْلَمْ أَنَّ أَوَامِرَ اللهِ تَعَالَى فَرَائِض وَنَوَافِل ؛ فَالْفَرْضُ رَأْسُ الْمَالِ ، وَهُوَ أَصْلُ التِّجَارَةِ وَبِهِ تَحْصُلُ النَّجَاةُ ، وَالنَّفْلُ هُوَ الرِّبْحُ وَبِهِ الْفَوْزُ فِي الدَّرَجَاتِ
Ketahuilah olehmu bahwa perintah Allah itu terdiri atas yang fardlu dan yang sunnah. Yang fardlu ialah modal utama dari sebuah perniagaan yang dengannya engkau akan memperoleh keselamatan. Sedangkan yang sunnah itu adalah keuntungan (laba) yang dengannya engkau akan mendapatkan derajat-derajat (di sisi Allah).
Selanjutnya masih di dalam kitab Bidayatul Hidayah:
قَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : يَقُوْلُ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى : مَا تَقَرَّبَ إِلَيَّ الْمُتَقَرِّبُوْنَ بِمِثْلِ أَدَاءِ مَا افْتَرَضْتُ عَلَيْهِمْ ، وَلاَ يَزَالُ الْعَبْدُ يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِيْ يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِيْ يُبْصِرُ بِهِ ، وَلِسَانِهِ الَّذِيْ يَنْطِقُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِيْ يَبْطِشُ بِهَا ، وَرِجْلَهُ الَّتِيْ يَمْشِيْ بِهَا
Rasullullah bersabda: "Allah Maha Suci dan Maha Luhur telah berfiman: Tidak ada suatu amal yang lebih cepat mendekatkan hamba-Ku kepada-Ku selain amal wajib yang telah Aku wajibkan atas mereka. Dan jika hamba-Ku selalu mendekatkan diri kepada-Ku dengan amal-amal sunnah (setelah ia melakukan segala yang fardhu), maka Aku akan mencintainya. Apabila Aku telah mencintainya, maka Aku-lah pendengarannya yang dengannya ia mendengar, Aku-lah penglihatannya yang dengannya ia melihat, Aku-lah lidahnya yang dengannya ia berbicara, dan Aku-lah tangannya yang dengannya ia menyentuh, dan Aku-lah kakinya yang dengannya ia melangkah."
Salah satu tipu daya syetan (Ghuruurusysyaiton) adalah menggoda manusia untuk meninggalkan SKALA PRIORITAS (Al aham tsummal aham).
Manusia disibukkan dengan hal-hal yang sunnat lantas menyepelekan hal-hal yang wajib. Demikian pula ketika orang pulang Haji. Syetan akan menggodanya dengan cara: Aku harus bisa Haji kembali. Aku Rindu Ka’bah... dst.
Ia tidak menyadari bahwa haji yang wajib hanya sekali seterusnya adalah Sunnat. Maka Ia akan berusaha untuk berhaji kembali dengan meninggalkan kerabat dan tetangganya yang fakir miskin tapi tidak pernah ia tengok dan ia santuni.
Wafi ba'dlir risalah: Kata Ibnu Abbas Rodliyallahu Anhu : Sayakz-ruju qoumun fii aakhiriz zaman yazuuruuna ilaa baitillaah li sahlir rizqi wa ghoirihi, wayarji’uuna mahruumiin.
“Akan datang suatu kaum pada akhir zaman, mereka berziarah ke Baitullah berulang-ulang, karena mudahnya mencari rezeki atau sebab lainnya, tetapi mereka pulang terhalang atau tidak mendapat pahala apapun.”
2. Mohon diberkahi di dalam "maal". Kata (مال) dibaca "maal" di dalam bahasa arab mempunyai penjelasan sebagai berikut secara singkatnya:
مال : اسم ، وجمعه : أَمْوال ، ومعناه : كلُّ ما يملكه الفرد أَو تملكه الجماعة من متاعٍ ، أَو عُروض تجارة ، أَو عقار أَو نقود ، أَو حيوان . وفى التنزيل العزيز : ﴿وَآتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِى الْقُرْبَى﴾ ، البقرة : ١٧٧ . ويقال : رجلٌ مالٌ : ذو مالٍ . المعجم الوسيط - مجمع اللغة العربية بالقاهرة - صدر : ١٣٧٩هـ/١٩٦٠م
Kata (مال) adalah kata benda dan bentuk pluralnya adalah (اموال) dibaca "am-waal". Kata (مال) mempunyai banyak arti diantaranya adalah tiap-tiap apa yang dimiliki oleh seorang atau sekelompok orang, baik berupa "mataa`", barang dagangan, "aqoor", uang, dan hewan ternak.
"Mataa`": harta benda, perabot rumah tangga, kenikmatan, kesenangan, dan tiap-tiap apa yang bisa diambil manfaat, juga tiap-tiap apa yang disenangi orang untuk dikumpulkan semisal makanan dan peralatan, serta perabotan.
Surah Ali Imran, 14:
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِندَهُ حُسْنُ الْمَآبِ
Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan (mata') hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).
Surah An-Nur, 29:
لَّيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَدْخُلُوا بُيُوتًا غَيْرَ مَسْكُونَةٍ فِيهَا مَتَاعٌ لَّكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا تَكْتُمُونَ
Tidak ada dosa atasmu memasuki rumah yang tidak disediakan untuk didiami, yang di dalamnya ada keperluanmu (mata' lakum), dan Allah mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan.
Surah Az-Zukhruf, 35:
وَزُخْرُفًا وَإِن كُلُّ ذَٰلِكَ لَمَّا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا
Dan (Kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan (dari emas untuk mereka). Dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan (mata') kehidupan dunia,
"Aqoor": barang kepemilikan yang bersifat fisik dan tetap semisal rumah, tanah, kebun, sawah, gedung dan lain-lainnya.
Ternyata kata "maal" mempunyai cakupan arti yang banyak dan di dalam solawat tersebut, si pembaca solawat ini memohon kepada Allah agar "maal"-nya diberi keberkahan oleh-Nya.
3. Mendo'akan juga "(آل)".
آلُ الرجُلِ : أهله وعياله ، وأتباعه وأَنصاره . وآل الرجل : (مصطلحات) كل من يشاركه في النسب إلى أقصى أب له في الإسلام
Di dalam kamus bahasa Arab, arti kata (ال) baca "aali" mempunyai beberapa arti, yang pertama "(اهل)" baca "ahlun" yang artinya: keluarga, kerabat, istri.
Kata "aali" juga bisa diartikan "(عيال)" yang artinya: seluruh anak-anak dan keturunan, dan juga bisa diartikan orang-orang yang tinggal bersama dan dinafkahi olehnya yaitu semua anak, istri, bapak dan ibunya.
وفي الموسوعة الفقهية ج ١ ص ٩٨ ما نصه : وعبارة صاحب المغني : آل محمد صلي الله عليه وسلم اتباعه علي دينه . المغني ١ / ٥٨٤ . اهـ
Di dalam kitab "al-Mausu'atul Fiqhiyyah" disebutkan kata "aali" juga bisa diartikan "(اتباع)" yang artinya semua pengikut / semua orang yang mengikuti baik perkataan, ajaran agama dan tingkah-laku Rasulullah.
Kata "aali" juga bisa diartikan "(انصار)" yang artinya semua penolong, ini mungkin juga penolong agama Nabi Muhammad, penolong siapa saja dari umatnya.
Dan (ال) juga berarti semua yang masuk di dalam nasab sampai ayah tertinggi di dalam Islam (ini mungkin maksudnya sampai Nabi Adam).
Ada satu riwayat yang termaktub dalam kitab al-Qâdhi 'Iyâdh mengenai makna آلِ dalam redaksi shalawat:
وفي رواية أنس : سئل النبي ﷺ من آل محمّد ؟ قال : كلُّ تقِيٍّ
Terdapat dalam riwayat Anas, Nabi ﷺ ditanya mengenai siapakah keluarga (Kanjeng Nabi) Muhammad? Beliau menjawab: Tiap-tiap yang bertakwa. (HR ad-Dailami dan ath-Thabrani).
Ini berarti mencakup seluruh Nabi dan Rasul yang pernah ada dan seluruh malaikat dan para jin yang bertaqwa.
Disebutkan juga oleh Syekh Ibnu Qâsim al-Ghazi dalam Syarh Fathul Qarîb:
وعلى (آله الطاهرين) هم كما قال الشافعي : أقاربه المؤمنون من بني هاشم وبني المطلب . وقيل - واختاره النووي : أنهم كل مسلم
Kepada para keluarga Nabi yang suci —mereka adalah sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Syafi'i yaitu kerabat-kerabat Nabi yang beriman dari Bani Hasyim dan Bani Muthallib. Waqila, dan Imam Nawawi memilih makna: Sesungguhnya mereka adalah tiap-tiap muslim (yaitu seluruh orang Islam).
وفي اعانة الطالبين ج ١ ص ٢٢ بدار الكتب الاسلامية في خطبة المؤلف : (وعلي آله) اي اقاربه المؤمنين من بني هاشم والمطلب . وقيل : هم كل مؤمن ، اي في مقام الدعاء ونحوه . اهـ
Di dalam kitab "I'anatut Tholibin" juz 1 h. 22 di bagian muqoddimah Mu'allif: "Dan kepada "(ِآلِه)", yaitu seluruh kerabat dekat Rasulullah yang beriman dari Bani Hasyim dan Mutholib. Ada dikatakan, (maksud "آله") mereka adalah setiap yang beriman, yaitu di dalam maqom (redaksi) do'a dan semacamnya".
Berarti semua mahluk yang beriman, baik dari golongan manusia, jin, dan malaikat, termasuk dalam ma'na kata "(ِآلِه)" dalam bersolawat. Alhamhulillah
وفي خزينة الاسرار ص ١٨٠ ما نصه : انه قال ؛ لا تصلوا علي الصلاة البتراء . قالوا : وما الصلاة البتراء يا رسول الله ؟ قال : تقولون اللهم صل على محمد ، وتمسكون ، بل قولوا : اللهم صل على محمد وعلى آل محمد . اهـ وأخرجه أبو سعد في شرف المصطفى من القول البديع في الصلاة على الحبيب الشفيع ص ١٢١ . اهـ
"Janganlah kalian bersolawat kepadaku dengan solawat bat-ro' (putus / buntung)." (Kami) berkata, "Apa solawat bat-ro'?" (Beliau) bersabda, "Kalian mengucapkan Allâhumma sholli 'alâ Muhammad kemudian berhenti. Tetapi ucapkanlah: Allâhumma sholli 'alâ Muhammad wa 'alâ âli Muhammad."
وفي قوله تعالى (إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما) الأحزاب ٥٦ . صح عن كعب بن عجرة ، قال : لما نزلت هذه الآية قلنا ، يا رسول لله ، قد علمنا كيف نسلم عليك ، فكيف نصلي عليك ، فقال ، قولوا : اللهم صل على محمد وعلى آل محمد . اهـ
Ibnu Hajar al-Haitami dalam Shawâ'iq-nya menukil sebuah riwayat sahih dari Ka'ab bin Ujrah yang berkata ketika ayat (solawat) ini turun, kami bertanya, "Wahai Rasulullah, kami sudah mengetahui bagaimana kami harus mengucapkan salam kepadamu. Lalu bagaimana kami bersolawat kepadamu?" Maka (beliau) bersabda, "Ucapkanlah: Allâhumma sholli 'alâ Muhammad wa 'alâ âli Muhammad."
وفي نفس الصحيفة من خزينة الاسرار ما نصه : وفي ذكر الآل فائدة أخري سرعة الاجابة وحصول المطلوب لقوله عليه الصلاة والسلام : ان ﴿اسرع الدعاء اجابة دعوة غائب لغائب﴾ . اهـ
Dan di dalam bersolawat dengan menyebutkan "aali" ada faidahnya yang lain yaitu mempercepat ijabah dan menghasilkan apa yang diinginkan, (pernyataan ini diperkuat) karena adanya sebuah hadits, sesungguhnya do'a yang lebih cepat ijabah adalah do'a seorang kepada orang lain tanpa sepengetahuan orang yang dido'akan.
4. Menambahkan kata "wa sallim" dalam bersolawat, dengan adanya sebuah hadits:
إنَّ للَّهِ ملائِكةٌ سيَّاحينَ في الأرضِ يبلِّغوني عن أمَّتِي السَّلام . الراوي : عبد الله بن مسعود ، المحدث : الامام ابن حجر العسقلاني ، المصدر : تخريج مشكاة المصابيح ، الصفحة أو الرقم : ١ / ٤١٦ ، خلاصة حكم المحدث : حسن كما قال في المقدمة . او في مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح ج ٤ ص ٩ في كتاب الصلاة ؛ باب الصلاة علي النبي صلي الله عليه وسلم وفضلها . اهـ
"Sungguh, Allah memiliki malaikat-malaikat yang berjalan-jalan di atas muka bumi yang menyampaikan kepadaku salam dari umatku".
5. Dikrul 'Adad, sebagaimana dawuh Abah Rifa'i Kudus, yaitu bersolawat dengan dzikrul 'adad karena lemahnya seorang hamba di dalam bersolawat, dan karena terbatasnya waktu, tenaga, umur untuk mencapai bilangan tersebut. Sebagaimana di dalam solawat sa'adah:
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِى عِلْمِ اللّٰهِ صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ اللّٰهِ
Ya Allah, semoga Engkau mencurahkan rahmat Engkau kepada Sayyidina Muhammad sebanyak bilangan yang ada dalam pengetahuan Allah, dengan shalawat yang abadi seabadi kerajaan Allah.
الصلاة الثانية والخمسون من افضل الصلوات للشيخ يوسف النبهاني رحمه الله رحمة واسعة ما نصه : اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ مَا فِي عِلْمِ الله صَلاَةً دَائِمَةً بِدَوَامِ مُلْكِ الله . نقل سيدي أحمد الصاوي عن بعضهم أن هذه الصلاة بستمائة ألف صلاة ، قال : وتقال لسعادة الدارين وتسمى صلاة السعادة ، وقال الأستاذ السيد أَحمد دحلان في مجموعته ما نصه : ومن الصيغ الفاضلة الكاملة التي ذكر بعض العارفين أن ثوابها بستمائة ألف صلاة وأن من داوم على قراءتها كل جمعة ألف مرة ، كان من سعداء الدارين ، وتسمى صلاة السعادة . اهـ
Sayyid Ahmad as-Showi menukil dari sebagian ulama yang menyatakan bahwa sesungguhnya shalawat ini setara nilainya dengan 600 ribu shalawat. Beliau berkata bahwasanya shalawat ini untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, dan karenanya ia dinamakan dengan shalawat sa'adah atau shalawat kebahagiaan.
Sayyid Ahmad Dahlan dalam kitab beliau "Majmu'ah" menyatakan: "Dan diantara redaksi sholawat yang utama dan sempurna yang disebutkan oleh sebagian ulama Ahli Ma'rifat bahwasanya pahalanya setara dengan 600.000 sholawat dan bahwa sesunguhnya barangsiapa mendawamkan diri mengamalkannya setiap hari jumat sebanyak 1000 kali maka ia akan menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat, dan sholawat ini dinamakan shalawat sa'adah atau shalawat kebahagiaan.
وقيل : فضائلها تزن دلائل الخيرات بألف ألف ألف ألف مرة ، وفي مرة عدها ثمانية عشر ، ومرة أخرى عدها عشرين ، أعني ألف ألف ألف ، وهي أعظم وأكثر من ذلك ، وهذا تقريب لنا . فافهم السر في قوله : في كل لمحة ونفس عدد ما في علم الله العظيم . اهـ
Di dalam pembahasan "dzikrul 'adad" yang ada pada ahir redaksi "sholawat 'adzimiyyah", juga disebutkan bahwa keutamaan membaca "sholawat 'adzimiyyah" sebanding pahalanya dengan membaca "Dalailul Kzoirot" 1000⁴ (seribu berpangkat 4) kali, dan bahkan lebih agung dan lebih banyak lagi. Dan ini adalah salah satu sir (keutamaan) ahir redaksi "sholawat 'adzimiyyah", yaitu:
في كل لمحة ونفس عدد ما في علم الله العظيم
وفي النجوم الزاهرة ص ٦٨ ما نصه : فائدة ، يؤتي بهذا الذكر اربع مرات بعد كل صلاة مكتوبة : ﴿لا اله الا الله محمد رسول الله ، في كل لمحة ونفس عدد ما وسعه علم الله﴾ ، وهو بإثنين وسبعين الف تهليلة ، لان انفاس ابن آدم اربعة وعشرون الف نفس ، ولمحاته ثمانية واربعون لمحة ، فجملته ما ذكر . افاده السيد الامام علوي بن عباس المالكي بسنده الي الشيخ القطب ابي الحسن الشاذلي عن النبي صلي الله عليه وسلم . اهـ منقولا من منحة الإله للحبيب سالم بن حفيظ نفعنا الله به . اهـ
Disebutkan di dalam an-Nujumuz Zahiroh, bahwa dikr dengan 'adad ini sebanding dengan pahala dikr 72.000 kali, yaitu dengan redaksi dikr 'adad:
في كل لمحة ونفس عدد ما وسعه علم الله
Sumber rujukan dikr 'adad adalah salah satunya berdasarkan sebuah hadits:
عن أبي أمامة رضي الله عنه قال : رآني النبي صلى الله عليه وآله وسلم وأنا أحرك شفتي فقال لي : بأي شيء تحرك شفيتك يا أبا أمامة ؟ ، فقلت : أذكر الله يا رسول الله . فقال : ألا أخبرك بأفضل أو أكثر من ذكرك الليل مع النهار ، والنهار مع الليل ؟ أن تقول : سبحان الله عدد ما خلق ، سبحان الله ملء ما خلق ، سبحان الله عدد ما في الأرض والسماء ، سبحان الله ملء ما في السماء والأرض ، سبحان الله ملء ما خلق ، سبحان الله عدد ما أحصى كتابه ، وسبحان الله ملء كل شيء ، وتقول : الحمد الله ، مثل ذلك . اهـ وقد حسن الحديث الحافظ ابن حجر في نتائج الأفكار ١ / ٨٤ ، وقال الهيثمي في المجمع ١٠ / ١١٠ : رواه أحمد ورجاله رجال الصحيح ، وصححه محققو مسند أحمد في طبعة مؤسسة الرسالة (٣٦/٤٥٩-٤٦٠) وتوسعوا في تخريجه . أخرجه أحمد (٢٢١٩٨) ، والنسائي في السنن الكبرى (٩٩٩٤) مختصرا ؛ وابن أبي الدنيا في كما في الترغيب والترهيب للمنذري ٢ / ٢٨٧ واللفظ له . أما ما يستفاد من الحديث ، فأهمه فضيلة هذا الذكر ، فقد أخبر النبي صلى الله عليه وسلم أن مَن أتى به نال الأجر العظيم الذي يفضل أكثر الأذكار . ولذلك بوب الحافظ ابن خزيمة رحمه الله في صحيحه عند ما أخرج الحديث ١ / ٣٧٠ بقوله : باب فضل التحميد والتسبيح والتكبير بوصف العدد الكثير من خلق الله أو غير خلقه . اهـ
Suatu ketika Rasulullah melihat sahabat Abu Umamah radliyallahu 'anhu sedang berzikir. Kemudian beliau bertanya, "Apa yang membuat kedua bibirmu bergerak-gerak wahai Abu Umamah?" Abu Umamah menjawab, "Aku sedang berzikir wahai Rasulullah." (Rasulullah bersabda): "Maukah engkau aku beri tahu zikir yang lebih utama atau lebih banyak (pahalanya) dari zikir sehari semalam?" Rasul melanjutkan ucapannya, "Bacalah:
سبحان الله عدد ما خلق ، سبحان الله ملء ما خلق ، سبحان الله عدد ما في الأرض والسماء ، سبحان الله ملء ما في السماء والأرض الي آخر الحديث
(Aku ber-dikr dengan mengucap) Maha Suci Allah sebanyak apa yang telah Allah ciptakan, Maha Suci Allah sepenuh apa yang telah Allah ciptakan, Maha Suci Allah sebanyak apa yang ada di bumi dan langit, Maha Suci Allah sepenuh apa yang apa yang ada di bumi dan langit, dan seterusnya sampai ahir hadits.
Sebenarnya redaksi solawat istiqoma'iyyah ini merupakan gabungan dari redaksi solawat barokah yang ditambah dikrul 'adad setelahnya. Berikut ini redaksi solawat tersebut secara berurutan. Kemudian digabung menjadi satu, yaitu:
اَللّٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً يُــبَارَكُ لِى بِـهَا فِى مَالِى وَيَسْتَقِيْمُ بِـهَا حَالِى وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ في كل لمحة ونفس عدد ما وسعه علم الله
Ya Allah semoga tercurah rahmat Engkau kepada pemimpin kami Sayyidina Muhammad, yang dengan lantaran rahmat tersebut semoga diberkahi "(ْمَال)" hamba-Mu ini, dan semoga "(ْاِسْتِقَامَة)" keadaan hamba-Mu ini, dan semoga rahmat tersebut juga tercurah untuk "(آلِ)" beliau, terutama para sahabat beliau, dan juga semoga kesejahteraan dan keberkahan tercurah untuk beliau semuanya di setiap kedipan dan di setiap nafas, sebanyak apa yang terliputi oleh ilmunya Allah."
Solawat Istiqomaiyyah ini dibaca setiap malam selesai solat isya' 313x dan setiap malam jum'at 1000x. Semoga bermanfa'at di dunia dan ahirat kita. Amin.
Atau juga dibaca 313x di waktu yang sekiranya kita bisa dan 1000x di hari jum'at di waktu yang kita bisa.
وفي خزينة الاسرار ص ١٤٥ ما نصه : فمن قرأ هذه الآية العظيمة (اي اية الكرسي) او غيرها من الاسماء والآيات ، او من سور القرآن كالفاتحة والاخلاص ، او غيرها (كأي صيغة من صيغ الصلوات) بهذا العدد (اي ٣١٣) ، لم يحط احد بما يحصل له من الخيرات والاسرار والفوائد . فذلك العدد كالاكسير في حصول المقصود سريعا . اهـ
Barang siapa membacanya (yaitu ayat kursi) atau lainnya dari Asma' atau ayat-ayat al-Qur'an, atau dari surah-surah al-Qur'an seperti al-Fatihah dan al-Ihlas, atau lainnya (seperti redaksi solawat yang mana saja) dengan jumlah bilangan ini (yaitu 313x secara rutin setiap hari / malam dalam sekali duduk), maka insya Allah, ia akan memperoleh kebaikan-kebaikan, rahasia-rahasia dan faidah-faidah yang tidak bisa ditakar oleh seorang-pun. Dan 'adad / bilangan tersebut seperti elixir di dalam menghasilkan maksud secara cepat.
وفي سعادة الدارين ما نصه ؛ قال اي الخواص رضي الله عنه : فمن كان له حاجة ، فليصل علي النبي صلي الله عليه وسلم الف مرة بتوجه تام ، ثم يساله في قضاء حاجته ، فإنه تقضي ان شاء الله تعالي . اهـ
Di dalam kitab "Sa'adatuddaroin" disebutkan bahwa Syekh Ali al-Kzowwash berkata: barang siapa mempunyai hajat, maka orang itu sebaiknya membaca solawat kepada Nabi Muhammad 1000x dengan tawajjuh yang sempurna, kemudian ia berwasilah dengan Nabi memohon kepada Allah apa hajatnya, maka hajatnya akan terlaksana, insya Allah Ta'ala.
'Adad bilangan 'abajadun solawat di atas: 3327 dan jumlah seluruh hurufnya: 102. Wallahu a'lam.
وفي القرطاس شرح راتب العطاس ج ٢ ص ٩٦ ما نصه : وفي العهود للشعراني ، قال كان (سيدنا) علي الخواص يقول ؛ اذا سألتم الله لإخوانكم في هذا الزمان ، فاسألوه باسمه اللطيف والمغيث والرحيم والحنان ونحو ذلك ، وكل من سالك في هذا الزمان في حاجة ، فقل له توجه بقلبك الي سيد المرسلين فان ابواب جميع الاولياء قد استدارت للغُلُقِ وما بَقِيَ مفتوحا الي يوم القيامة ، الا باب رسول الله صلي الله عليه وسلم ، فاعلم ذلك . اهـ ووجدت شرحها ايضا في الربع الثالث من رفع النقاب بعد كشف الححاب في ترجمة الشيخ المفضل بن بوعزة المكناسي ص ٢٧١ ما نصه : وهو الذي سمع الشيخ رضي الله عنه يقول ؛ جميع ابواب الاذكار والاسرار انغلقت ولم يبق مفتوحا الا باب الصلاة علي النبي صلي الله عليه وسلم الخ . اهـ
Di dalam kitab "al-Qirthos Syar-khu Rotibil 'At-thos" juz 2 h. 96 bahwa di dalam kitab "al-'Uhud" karya al-Qutbul Imam asy-Sya'roniy berkata bahwa Imam 'Ali al-Kzowwash berpendapat (yang kurang lebih artinya): "Jika kalian memohon kepada Allah untuk saudara-saudara kalian di zaman sekarang ini, maka mohonkanlah kepada Allah dengan asma-Nya (seperti); al-Lathiif, al-Mugiits, ar-Rokhiim, al-Khannaan" dan semacamnya. Dan tiap-tiap orang yang berjalan (berkeinginan) di dalam (menggapai) hajat / sesuatu yang diharapkan di zaman seperti ini, maka katakan kepadanya agar hatinya bertawajjuh kepada Raja para utusan Allah, karena sesungguhnya pintu-pintu seluruh para Wali Allah benar-benar "istadaarot lil guluqi" (kembali ke tempat semula karena pintu yang terkunci), dan tiada yang tetap / bersisa terbuka sampai hari kiamat kecuali pintu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, maka ketahuilah hal itu!". Wallahu a'lam.