بِسْمِ
اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
الحمد
لله منشي الخلق من العدم # ثم الصلاة علي المختار في القدم
ثم
الرضا عن ابي بكر وعن عمر # وعن علي وعن عثمان ذي الكرم
والآل
والصحب ثم التابعين # فهم اهل التقي والنقا والحلم والكرم
واغفر
إلهي لكل المسلمين بما # يتلون في كل مكان وفي الحرم
بجاه
من بيته في طيبة حرم # فرج به كربنا يا واسع
الكرم
امررت
كفا سبحت فيها الحصي # واروت الجيش بماء هامر
علي
معاشي ومعادي وعلي # ذريتي وباطني وظاهري
Pentingnya istikzoroh sebelum melakukan
kegiatan sampai-sampai banyak tata-cara istikzoroh yang dilakukan para ulama
yang berbeda-beda dan mereka betul-betul merasakan keberkahan dan manfaatnya.
Seandainya kita ingin memilih/melakukan
sesuatu, tetapi waktu kita tidak cukup untuk melakukan solat istikzoroh, maka
sebaiknya kita melakukan istikzoroh kilat:
Caranya, awalilah dengan membaca 1x:
بِسْمِ
اللّٰهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ وَصَلَّي اللّٰهُ عَلٰي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَّآلِهِ
Kemudian bacalah do'a ini 7x:
اَللّٰهُمَّ
خِرْ لِي وَاخْتَرْ لِي
Ya Allah, pilihkanlah untukku (yang
lebih baik/bermanfaat) dan pilihlah untukku.
Arti "Allahumma kzirli
wakztarli", sebagaimana diterangkan di dalam kitab Tuhfatul Ah-wadzi
(3516):
قَوْلُهُ
: اللَّهُمَّ خِرْ لِي وَاخْتَرْ لِي ; أَيِ اجْعَلْ أَمْرِي خَيْرًا وَأَلْهِمْنِي
فِعْلَهُ وَاخْتَرْ لِي أَصْلَحَ الْأَمْرَيْنِ
Do'a "Allahumma kzirli
wakztarli" (ma'nanya adalah): Ya Allah jadikanlah urusanku ini kzoir
(baik/bermanfaat/berfaidah) dan ilhamkanlah kepadaku cara melaksanakannya dan
pilihlah untukku yang lebih baik dari dua hal itu.
عن
أنس رضي الله عنه ان النبي صلي الله عليه وسلم قال : يا أنس إذا هممت بأمر فاستخر ربك
فيه (سبع مرات)، ثم انظر إلي ما سبق في قلبك، فإن الخير فيه
Dari Sahabat Anas radliyallahu 'anhu,
sesungguhnya an-Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Wahai Anas,
jika ada suatu perkara menyusahkanmu, maka ber-istikzoroh-lah kepada Rab mu
untuk perkara tadi (tujuh kali), kemudian lihat (rasakan) apa yang mantap di
dalam hatimu, maka sesungguhnya kebaikan ada di dalamnya".
Sumber do'a "Allahumma kzirli
wakztarli" adalah hadits Nabi yang saya ambil beserta sanadnya dari kitab
Thobaqotusy Syafi'iyyatil Kubro karya Syekz Abun Nashr Abdul Wahhab bin 'Ali
bin 'Abdul Kafi as-Subkiy yang bergelar Tajuddin (Mahkota Agama: karena beliau
adalah ulama yang komplit menguasai berbagai ilmu dan luar biasa, dan juga
salah satu Wali Allah yang agung). Kitab cetakan Dar Ihya' Kutubil 'Arobiyyah
juz 6 halaman 53-54:
كتب
إلي أبو العباس بن الشحنة ، عن أبي عبد الله بن النجار الحافظ قال : قرأت على أبي القاسم
علي بن عبد الرحمن الوراق ، عن أبي محمد بن الخشاب قال : أخبرني القاضي أبو بكر أحمد
بن محمد بن الحسين الأرجاني بقراءتي عليه ، أخبرنا الشريف أبو يعلى محمد بن محمد بن
صالح الهاشمي بكرمان قراءة عليه ، أخبرنا أبو الحسن علي بن أحمد بن علي بن الفراء البغدادي
بها ، أخبرنا الحافظ أبو الفتح محمد بن أبي الفوارس ، أخبرنا عمر بن جعفر بن سلم ،
حدثنا محمد بن يونس ، حدثنا حاتم بن سالم ، حدثنا زنفل أبو عبد الله العرفي من أهل
عرفات . (ح) وأخبرنا أبو إسحاق إبراهيم بن بركات بن أبي الفضل البعلبكي قراءة عليه
وأنا أسمع ، أخبرنا أبو عبد الله محمد بن أبي الحسين أحمد بن عبد الله اليونيني سماعا
عليه ، أخبرنا أبو طاهر بركات بن إبراهيم الخشوعي ، عن القاسم بن علي بن محمد بن عثمان
الأديب ، أخبرنا أبو تمام محمد بن الحسن المقري ، حدثنا علي بن أبي علي بن وصيف القطان
، حدثنا القاضي أبو عمر محمد بن يوسف بن يعقوب بن إسماعيل بن حماد بن زيد بن درهم ،
حدثنا محمد بن إشكاب ، حدثنا محمد ابن ابي الوزير أبو المطرف ، حدثنا أبو عبد الله
العرفي ، عن ابن أبي مليكة ، عن عائشة ، عن أبي بكر الصديق رضي الله عنه ، أن النبي
كان إذا أراد أمرا قال : ﴿اللهم خر لي واختر لي﴾ . تفرد الترمذي بتخريجه من هذا الوجه
فراوة عن محمد بن بشار ، عن إبراهيم بن أبي الوزير أخي محمد بن أبي الوزير المذكور
، عن أبي عبد الله زنفل بن عبد الله وقيل زنفل ابن شداد العرفي به . وقال : ضعيف لا
نعرفه إلا من حديث زنفل . وهو ضعيف عند أهل الحديث وليس له نقل في شيء من الكتب الستة
سوى هذا الحديث .
Walaupun hadits ini dhoif, tetapi karena
do'a itu baik dan bahkan dapat dirasakan manfaatnya secara nyata, kenapa kita
tidak mengamalkannya?
Bahkan hadis-hadis maudlu'/palsu
(hadits-hadits bukan dari Nabi) yang diriwayatkan oleh para mafia hadis
terkadang ditajribah (diuji coba) apakah ada manfaat atau tidak? Bila ada
manfaatnya, maka diamalkan (dengan niatan mengamalkan sesuatu yang baik, DAN
dengan keyakinan bahwa hadits itu BUKAN HADITS NABI). jika tidak, akan
dianggurkan.
Dr. Sayyid Muhammad bin Sayyid 'Alwi
Al-Maliki dalam karyanya Ma Dza fi Sya’ban mengutip pendapat Imam
Ibnu Hajar Al-Haitami dalam kitab Ad-Durrul Mandhud sebagai berikut:
وقد
اتفق الأئمة من المحدثين والفقهاء وغيرهم كما ذكره النووي وغيره على جواز العمل بالحديث
الضعيف في الفضائل والترغيب والترهيب، لا في الأحكام ونحوها ما لم يكن شديد الضعف
Para imam dari kalangan ahli hadits dan
ahli fikih telah sepakat, sebagaimana yang disebutkan juga oleh Imam An-Nawawi
dan lainnya, tentang kebolehan beramal dengan hadits dhaif dalam
hal fadhail (keutamaan-keutamaan), anjuran kebaikan dan ancaman keburukan.
Tidak dalam perkara yang berkaitan dengan hukum halal dan haram, selama tingkat
kedhaifannya tidak terlalu parah.
Syekh Khalil bin Ibrahim dalam sebuah
karyanya Khuthuratu Musawatil haditsid Dhaif bil Maudhu menjelaskan secara
panjang lebar terkait perbedaan itu. Ia mengecam sebagian kalangan yang
menyamakan hadits dhaif/lemah dengan hadits maudlu'/palsu. Keduanya mempunyai
perbedaan yang sangat jauh. Menyamakan keduanya termasuk suatu kesalahan fatal
dalam beragama.
Adapun sanad yang muttasil kepada Syekz
Abun Nashr Abdul Wahhab bin 'Ali bin 'Abdul Kafi as-Subkiy adalah:
وجدته
في اجازة عن شيخي الكياهي عبد الحنان معصوم الكواقياني ، عن الكياهي محمد احمد سهل
بن محفوظ الحاجيني ، عن شيخه العلامة محمد ياسين بن عيسي الفاداني ، عن الكياهي عبد
المحيط بن يعقوب فانجي السيدأرجاوي ، عن الشيخ عمر بن صالح السماراني ، عن ابيه صالح
بن عمر السماراني ، عن المعمر عبد الصمد بن عبد الرحمن الفلمباني ، عن المسند الشهاب
احمد بن عبد الفتاح الملوي ، عن محمد بن منصور الاطفيحي ، عن سلطان بن احمد المزاحي
، عن نور الدين علي الزيادي ، عن الجمال يوسف بن عبد الله الارميوني ، عن الحافظ الجلال
عبد الرحمن السيوطي ، قال : انا قاضي القضاة عز الدين احمد بن ابراهيم الحنبلي ، والجلال
ابو الفضل عبد الرحمن بن احمد القمصي ، قالا : اخبرنا الجمال عبد الله بن علي الكناني
، عن العلامة قاضي القضاة تاج الدين عبد الوهاب بن قاضي القضاة تقي الدين علي السبكي
رحمهم الله رحمة واسعة . اهـ
al-Burdah:
مُحَمَّدٌ
سَـيِّدُ الْكَــوْنَيْنِ وَالثَّقَلَـيْنِ # وَالْفَرِيْقَـيْنِ مِنْ عُـرْبٍ وَّمِنْ عَجَـمِ
هُوَ
الْحَبِيْبُ الَّــذِيْ تُرْجَى شَـفَاعَتُهُ # لِكُــلِّ
هَوْلٍ مِنَ الْأَهْـوَالِ مُقْتَحَمِ
دَعْ
مَــا ادَّعَتْهُ النَّصَارَىْ فِيْ نَبِيِّهِـمِ # وَاحْكُمْ بِمَا شِئْتَ مَدْحًا
فِيْهِ وَاحْتَكِـمِ
فــاِنَّ
فَضْلَ رَسُــوْلِ اللّٰهِ لَيْـسَ لَهُ # حَـدٌّ فَيُعْـرِبَ عَنْـهُ نَاطِقٌ بِفَمِ
فمَبْلَغُ
الْعِــلْمِ فِيْهِ أَنَّــهُ بَشَــرُ # وَأَنَّــهُ خَيْرُ خَلْـقِ اللّٰهِ كُـــلِّهِمِ
وِقَـــايَةُ
اللّٰهِ أَغْنَتْ عَنْ مُضَــاعَفَةِ # مِنَ الدُّرُوْعِ وَعَنْ عَــالٍ مِنَ الْأُطُمِ
مَا
سَـامَنِي الدَّهْرُ ضَيْمًا وَاسْـتَجَرْتُ بِهِ # اِلَّا وَنِــلْتُ جِـوَارًا مِنْهُ
لَمْ يُـضَمِ
يَـا
خَيْرَ مَنْ يَمَّمَ الْعَـافُوْنَ سَـاحَتَهُ # سَعْيًــا وَفَوْقَ مُتُوْنِ اْلأَيْنُقِ
الرُّسُـمِ
وَمَنْ
تَـكُنْ بِرَسُـوْلِ اللّٰهِ نُصْرَتُـهُ # اِنْ تَلْقَهُ اْلأُسْـدُ فِيْ آجَــامِهَا
تَجِمِ
حَاشَــاهُ
أنْ يَحْرِمَ الرَّاجِيْ مَكَارِمَهُ # أوْ يَرْجِعَ الْجَــارُ مِنْهُ غَيْرَ مُحـتَرَمِ
يَــا
أَكْرَمَ الْخَلْقِ مَا لِي مَنْ أَلُوْذُ بِهِ # سِـوَاكَ عِنْـدَ حُلُوْلِ الْحَادِثِ
الْعَمِمِ